Monday, March 21, 2016

Seperti Inilah Pengaruh Sikap Istri Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

Perindusurga.com_Setiap orang bisa memiliki cara yang berbeda-beda untuk mencari rezeki. Bagi seorang suami, sikap dan tabiat istrinya di rumah bisa sangat memengaruhi dirinya dalam mencari rezeki untuk menghidupi keluarganya.





Hasan al-Bashri berkata:

Aku datang kepada seorang pedagang kain di Mekkah untuk membeli baju, lalu si pedagang mulai memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu akupun meninggalkannya dan aku katakan tidaklah layak beli dari orang semacam itu, lalu akupun beli dari pedagang lain.

Dua tahun setelah itu aku berhaji dan aku bertemu lagi dengan orang itu, tapi aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji dagangannya dan bersumpah. Lalu aku tanya kepadanya: “Bukankah engkau orang yang dulu pernah berjumpa denganku beberapa tahun lalu?” Ia menjawab: “Iya benar.” Aku bertanya lagi: “Apa yang membuatmu berubah seperti sekarang? Aku tidak lagi melihatmu memuji-muji dagangan dan bersumpah.” Ia pun bercerita: “Dulu aku punya istri yang jika aku datang kepadanya dengan sedikit rizki, ia meremehkannya dan jika aku datang dengan rizki yang banyak ia menganggapnya sedikit. Lalu Allah mewafatkan istriku tersebut, dan akupun menikah lagi dengan seorang wanita. Jika aku hendak pergi ke pasar, ia memegang bajuku lalu berkata: ‘Wahai suamiku, bertaqwalah kepada Allah, jangan engkau beri makan aku kecuali dengan yang thayyib (halal). Jika engkau datang dengan sedikit rezeki, aku akan menganggapnya banyak, dan jika kau tidak dapat apa-apa aku akan membantumu memintal (kain)’.”

Kisah tersebut diambil dari Kitab al-Mujaalasah wa Jawaahirul ‘Ilm (5/252) karaya Abu Bakr Ahmad bin Marwan.

Dari kisah tersebut kita dapat mengambil pelajaran bahwa tabiat istri di rumah bisa sangat mempengaruhi suaminya dalam mencari nafkah. Istri yang selalu merasa rezeki dari suaminya kurang dan sedikit maka akan memberikan jurang dosa pada suaminya, membuat suaminya merasa harus melakukan segala cara agar dapat pulang membawa banyak rezeki.

Sedangkan istri yang memiliki sifat Qana’ah, yaitu sifat ikhlas untuk menerima dan jiwa yang selalu merasa cukup, insha Allah akan menjadi surga bagi suaminya. Suasana yang hangat di rumah bisa menjadikan suaminya orang yang menyenangkan di lingkungan kerjanya, sehingga rezekipun akan mengalir dengan sendirinya pada dirinya.

Maka para istri, jika Anda ingin suami-suami Anda bahagia dan berkah rizkinya, maka cukupkanlah dirimu dengan rezeki yang dibawa suamimu. Hindarkan diri kita jebakan duniawi untuk tampil mewah dengan pakaian dan perhiasan mahal, karena sesungguhnya semua itu hanya tipuan dunia. Wallahu ‘alaam bisshawab.

Semoga bermanfaat!


Sumber dailymoeslem.com

0 comments

Post a Comment